10 Cara Tingkatkan Daya Ingat

10 Cara Tingkatkan Daya Ingat

Sebenarnya otak tidak pernah dapat kehilangan daya ingat. Otak dapat merekam segala sesuatu seperti halnya komputer. Kehilangan daya ingat bisa terjadi karena kita tidak mempraktekkan untuk mengingat informasi sehingga memori yang kita miliki bisa hilang.

Otak seperti bagian tubuh yang lain membutuhkan latihan fisik dan mental bersama-sama dengan nutrisi khusus untuk meningkatkan kekuatan daya ingat. Berikut 10 hal yang bisa dilakukan untuk menjaga daya ingat tetap baik :

1. Kedelai
Kedelai mengandung isoflavon yang dapat bertindak sebagai reseptor estrogen dalam otak manusia, terutama dalam hippocampus sebagai area penting untuk memori sehingga bentuk hubungan saraf baru lebih siap.
2. Zat Besi
Penurunan konsumsi zat besi dapat memiliki dampak detrimental pada tingkat IQ dan fungsi kognitif karena zat besi memainkan peranan penting dalam merubah signal otak.
3. Kopi
Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori karena kopi dapat merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur agar tetap terjaga, rangsangan, mood dan konsentrasi. Orang dewasa yang minum kopi sebelum test memori menunjukkan perkembangan yang signifikan dibanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.
4. Latihan Mental
Rangsangan mental dapat menjaga otak sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Latihan mental dapat menggunakan teknik seperti puzzle dan teka-teki.
5. Latihan Fisik
Setengah kan melakukan latihan fisik sebanyak tiga kali dalam seminggu cukup berdampak pada meningkatan kekuatan kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif.
6. Mengunyah Permen Karet
Aktivitas dalam hippocampus mengalami peningkatan saat orang sedang mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung sehingga memperbaiki oksigen yang dikirim ke otak dan mengikatkan kekuatan kognitif.
7. Gingko Biloba
Gingko biloba digunakan sebagai obat penguat daya ingat selama beribu-ribu tahun yang lalu. Gingko dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan suplai oksigen.
8. Minyak Ikan
Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan komponen penting dari membran sel otak dan memperbaiki kekuatan daya ingat.
9. Rosemary dan Sage
Minyak dari tumbuhan ini dapat merangsang memori, memperkuat kejernihan dan membantu menyembuhkan kecapaian mental.
10. Vitamin B
Vitamin B berfungsi mengirimkan oksigen ke otak dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan bebas. Vitamin B mempertajam dan meningkatkan daya ingat. Niasin atau B3 sangat baik untuk memperkuat otak, sementara B6 penting untuk memproduksi neurotransmitter terutama untuk meningkatkan mood. B12 baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan. Vitamin B juga dibutuhkan untuk membantu tubuh membentuk acetylocholine, atau bahan kimia otak yang dibutuhkan untuk daya ingat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: